Kemampuan Problem Solving Pada Anak Usia Dini Melalui Bermain Pola (Pattern) di Paud Arrasyid Kajhu Kecamatan Baitussalam, Aceh Besar

Penulis

  • Adelfa Yuriansa Universitas Pendidikan Indonesia

Kata Kunci:

Kemampuan Problem Solving

Abstrak

Salah satu kemampuan yang harus dikembangkan sejak usia dini adalah kemampuan problem solving. Dengan kemampuan ini anak dapat mengembangkan kemampuan berpikir dalam pemecahan masalah. Kemampuan problem solving ini bertujuan untuk mengatasi suatu persoalan mereka dalam mengatasi permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Kemampuan problem solving bakaitan dengan bagaimana anak berpikir, memahami, mengingat, kemampuan memecahkan masalah dan membuat suatu keputusan. Fokus dalam penelitian ini adalah analisis kemampuan problem solving anak dalam bermain pola. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan problem solving anak usia dini. Desain Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis desain tematikĀ  pengumpulan data, seleksi data, menyajikan, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan kemampuan problem solving pada anak usia dini melalui bermain pola yaitu bermain pola warna anak sudah mampu mengamati, bereksperimen, membandingkan, dan mengkomunikasi kepada guru dan teman sebaya ketika terjadi sebuah permasalahan yang dihadapi pada saat bermain. Rekomendasi untuk guru dalam kemampuan problem solving pada anak, guru menciptakan media yang menarik untuk anak sehingga pembelajaran di kelas jadi lebih efektif dan anak merasa lebih tertarik ketika mengikuti pembelajaran, guru harus menciptakan situasi yang dapat meningkatkan sikap, minat, dan motivasi. Guru hendaknya mampu menciptakan strategi pembelajaran agar anak tidak mudah bosan dalam proses pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-08-11

Terbitan

Bagian

Artikel